Data Umum

Kecamatan Batin XXIV

Kependudukan

Komposisi Penduduk dan Beban Ketergantungan

Komposisi penduduk Kecamatan Batin XXIV didominasi oleh penduduk muda/dewasa. Jumlah penduduk yang menjadi tanggungan usia produktif kurang dari setengah penduduk usia produktif.

Jumlah penduduk yang besar adalah modal sekaligus     tantangan     dalam pembangunan. Penduduk dalam jumlah besar dengan kualitas yang tinggi akan sangat menguntungkan bagi pembangunan, akan tetapi penduduk dengan jumlah yang besar namun tidak berkualitas justru menjadi beban.

Komposisi penduduk Kecamatan Batin XXIV tahun 2015 didominasi oleh penduduk usia produktif (15-64 tahun). Rasio ketergantungan penduduk usia nonproduktif di kecamatan ini pada tahun 2015 mencapai 45,68 persen, yang menunjukkan bahwa 100 orang penduduk usia

produktif menanggung sekitar 46 orang yang belum / sudah tidak produktif  lagi .  Rasio ketergantungan menyatakan perbandingan antara banyaknya orang yang tidak produktif (umur < 15 tahun & 65 tahun keatas), dengan banyaknya orang yang tergolong produktif secara ekonomi (umur 15-64 tahun). Angka ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2014, dimana rasio ketergantungan mencapai 46,97 persen

Pada tahun 2015, jumlah penduduk Kecamatan Batin XXIV mencapai 27.291 jiwa, dengan rata-rata laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,02 persen/tahun. Dengan luas wilayah sekitar 904,14 km2, maka secara rata-rata setiap km2 wilayah kecamatan ini dihuni oleh sebanyak 30 penduduk. Secara umum, jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dibandingkan perempuan. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai sex ratio yang lebih besar dari 100. Pada tahun 2015,untuk setiap 100 penduduk perempuan terdapat 106 penduduk laki-laki.

>>>Tahukah anda Kecamatan Batin XXIV memiliki kepadatan penduduk terkecil di Kabupaten Batang Hari.